Posisi Menentukan Prestasi?
Keywords:
posisi, prestasi, tutor sebaya/peer teachingAbstract
Berdasarkan hasil penelitian yang berjudul “Posisi Menentukan Prestasi?”, ditemukan bahwa posisi tempat duduk siswa dapat menjadi salah satu alternatif yang membantu siswa dalam mengatasi kesulitan belajar di kelas khususnya pada pembelajaran matematika. Proses pembelajaran dengan memperhatikan posisi tempat duduk siswa yang telah didesain oleh peneliti dan dibantu oleh guru mata pelajaran, sehingga siswa yang berkemampuan lebih tinggi dapat memberikan bantuan kepada siswa yang mengalami kesulitan dalam belajar, hal ini disebut sebagai proses tutor sebaya atau peer teaching. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Almaarif 01 Singosari kelas 8I selama 3 kali pertemuan dengan jumlah peserta sebanyak 36 siswa. Hasil pengambilan dan pengolahan data diperoleh tingkat keberhasilan dari 36 siswa, 30 siswa diantaranya mendapatkan nilai lebih dari KKM (KKM=75) dengan persentase keberhasilan 83,33%. Disamping itu, berdasarkan hasil wawancara menyebutkan bahwa 33 dari 36 siswa menyatakan senang dan tertarik dengan metode pembelajaran tutor sebaya atau peer teaching. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa dengan memperhatikan posisi tempat duduk siswa satu dengan yang lainnya akan berdampak positif pada proses pembelajaran yang ditandai dengan meningkatnya prestasi siswa. Hal ini membuktikan bahwa penenitian yang berjudul “Posisi Menentukan Prestasi” terbukti efektif membantu siswa dalam mengatasi kesulitan belajar sehingga dapat meningkatkan prestasi siswa di kelas.